Sunday, February 19, 2012

Cara Mengatasi Microsoft Excel yang Berubah Tampilannya

Wah.... Udah jarang posting.
menurun deh.. Eo wist gpp, jika menurun di tingkatkan lagi..
Gmn kabar kalian temen2 .. ??
Lanjut ke posting...

Postingan kali ini merupakan pengalaman ku waktu PKL . Waktu itu ketika sedang ngerjain tugas ada ibu2 pegawai tiba – tiba datang .. dan langsung berkata “Mas-mas iki tolong benerke laptop ku” aku dan teman ku ada perasaan khawatir (khawatir kalo tidak bisa mengatasi masalah yg ada) secara aku dan temen ku jurusan SI. Pasti malu2’in kalo tidak bisa. Hehe. Lanjut ke cerita..

Aku dan teman ku langsung menjawab “ Laptopnya kenapa Bu ?” . Ibu itu berkata dengan nada penuh dengan harapan “ iki lho Excel ku ug tampilan’e malih(berubah)” . aku pun merespon “ Malih pripun Bu? “ . Ibu itu langsung menjawab “Iki lho.. biasane sing nduwur (kolom) kan harus’e huruf Alfabet (A- dst) ug berubah mailh angka 1-dst ?”. Langsung rasanya pikiran ku serasa ketimpa batu. Deg,,,!! (alay) ,, hahags.




Langsung teman ku yang satunya ambil alih laptop dan berusaha utek2. . walau pun dalam hati deg-deg’an.. tapi aku berusaha tetap tenang . Seperti halnya main game.. harus menganalisa.. Aku menganalisa apa saja yang berubah selain huruf menjadi angka.. Mataku yang tajam melirik di sebelah kanan atas melihat sesuatu yang berbeda..
 Semula....

 Menjadi....


Langsung aku menghadap computer yang ada di depan ku dan mencoba di mana ada tulisan seperti itu. Untung saja teman aku menyarankan untuk klik kanan , kemudian klik customize Quick acces Toolbar.
Kemudian aku mencari di setiap bagian dan akhirnya ketemu pada bagian Formulas.





Tinggal uncheck aja R1C1 reference style . kemudian OK, dan Alhamdulillah semua menjadi normal.


Semoga Bermanfaat...


Semua Ada Di Sini

2 komentar:

  1. mantap... mampir gan..http://omahsobo.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Kak kalau misalnya data yg sudah di input terus gk tau ke pencet apa tiba tiba tulisannya jadi kumpul semua yg tadinya ada satu kolom yg kosong jadi keisi full semua

    ReplyDelete