Tuesday, September 20, 2011

Pengertian dan Penjelasan Matematika Diskrit

Postingan sebelumnya mengenai Hubungan Komputer dengan Matematika Diskrit. Kali ini saya akan share tentang apa sing itu matematika diskrit dan teori apa yang ada di dalamnya..

Matematika diskrit adalah cabang matematika yang mengkaji objek-objek diskrit. Benda disebut diskrit jika ia terdiri dari sejumlah berhingga elemen yang berbeda atau elemen-elemen yang tidak berkesinambungan. Himpunan bilangan bulat (integer) dipandang sebagai objek diskrit. Lawan kata diskrit adalah kontinyu atau menerus. Himpunan bilangan riil (real) adalah suatu objek kontinu. Di dalam matematika kita mengenal fungsi diskrit dan fungsi kontinu. Fungsi diskrit digambarkan sebagai sekumpulan titik-titik, sedangkan fungsi kontinu digambarkan sebagai kurva. Matematika diskrit berkembang sangat pesat dalam dekade terakhir ini. Salah satu alasan yang menyebabkan perkembangan pesat itu adalah karena komputer digital bekerja secara diskrit. Informasi yang disimpan dan dimanipulasi oleh komputer adalah dalam bentuk diskrit. Salah satu materi di dalam matematika diskrit ini adalah teori bilangan bulat. Sesuai dengan namanya, teori bilangan bulat sangat erat hubungannya dengan bilangan bulat. Bilangan bulat itu sendiri adalah bilangan yang tidak mempunya pecahan desimal, misalnya adalah 2, 43, 566, -64, 0 dan sebagainnya. Teori bilangan bulat dalam matematika diskrit memberikan penekanan dengan sifat pembagian. Sifat pembagian pada bilangan bulat melahirkan konsep-konsep seperti bilangan prima dan aritmatika modulo. Satu algoritma penting yang berhubungan dengan sifat pembagian ini adalah algoritma Euclidean. Baik bilangan prima, aritmatika modulo, dan algoritma Euclidean memainkan peran yang penting dalam bidang ilmu Kriptografi, yaitu ilmu yang mempelajari kerahasiaan pesan.

Untuk postingan selanjutnya .. Membahas teori2 yang ada di dalam matematika diskrit..


Semua Ada Di Sini

3 komentar:

  1. Tonton "Lets study of logika matematika with me" di YouTube Lets study of logika matematika with me: http://youtu.be/aJ72PVUqypE Gan, mohon bantu share dan like videonya. Like agan" membantu nilai UAS. Terima kasih waktunya

    ReplyDelete
  2. Nice article , please revision of my article on Harga Triflex Capsule if there is an error please let me know , I want to really learn to make a good article , I do not want Copas As I note in this note with the details , I discovered a lot of new experiences , and I hope you can make an infographic articles about politics in the world for me , because I think a lot of people are looking for it , I could just write a simple article like Cara Mengobati Penyakit Kista Tanpa Operasi and so forth . I hope you can add my scholarship here .

    ReplyDelete