Friday, September 30, 2011

Symmetric Algorithms


Berdasarkan Kunci yang dipakai algoritma kriptografi di bedakan menjadi 2 golongan.. kali ini aku mau share yang pertama dulu.. yang ke-2 aku share di postingan selanjutnya..

 Algoritma kriptografi simeteris atau disebut juga algoritma kriptografi konvensioanl adalah algoritma yang menggunakan kunci untuk proses enkripsi sama dengan kunci untuk proses dekripsi. Contoh algoritma kunci simetris
1.      Chiper Substitusi
Chiper Substitution adalah sandi dimana setiap karakter dari plaintext (huruf atau angka) diganti atau disubstistusi dengan karakter lain dalam susunan abjad. Tidak ada perubahan dalam susunan abjad asli yang digunakan pada plaintext. Contoh dari Chiper Substitusi adalah sandi Caesar, sandi Vigenère.

a.  Caesar Chiper  
Teknik kriptografi ini digunakan oleh Julius Caesar, kaisar Romawi, untuk menyandikan pesan yang ia kirim kepada gubernurnya.Pada caesar chiper, tiap huruf disubstitusi dengan huruf ketiga berikutnya dari susunan alfabet.Dalam hal ini kuncinya adalah jumlah pergeseran huruf (yaitu 3).  

Plainteks pi :
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Chiperteks ci :
D E F G H I J K L M N O P Q R S T  U V W X Y Z A B C

Namun teknik ini memiliki kelemahan yaitu mudah dipecahkan karena jumlah kuncinya yang sedikit  ( hanya 26)

b.                  Vigenere Cipher
Algoritma kriptografi ini dipublikasikan oleh diplomat (sekaligus seorang kriptologis) Perancis, Blaise de Vigènere pada abad 16 (tahun 1586).Vigènere Cipher digunakan oleh Tentara Konfederasi (Confederate Army) pada Perang Sipil Amerika (American Civil war).Vigènere Cipher menggunakan Bujursangkar Vigènere untuk melakukan enkripsi.Setiap baris di dalam bujursangkar menyatakan huruf-hurufcipherteks yang diperoleh dengan Caesar Cipher. Pada dasarnya teknik yang digunakan hampir sama dengan Caesar Cipher.Jika panjangnkunci lebih pendek daripada panjang plainteks, maka kunci diulang secara periodik.Bila panjang kunci adalah m, maka periodenya dikatakan m.Berikut ini contoh penggunaan Vigènere Cipher. 

kunci = sony  
               Plainteks     : T H I S   P L A I  N T E  K S
                Kunci         : S O N Y  S O N Y S O N Y S

Cipherteks :  L V V Q  H Z N G F H R V L

Keunggulan dari penggunaan Vignere Cipher adalah huruf yang sama tidak selalu dienkripsi menjadi huruf cipheteks yang sama pula sehingga lebih sukar untuk mengubah cipherteks menjadi plainteks asal jika tidak mengetahui kuncinya.


2.     Chiper Tranposisi
Chiper Tansposisi mengubah kembali susunan huruf dari plaintext, tanpa mengganti hurufnya sendiri. Contohnya, chipper transposisi yang sangat sederhana adalah rail fence, dimana plaintext ditulis kembali namun dalam dua baris, dengan cara penulisan satu per satu huruf dituliskan di baris yang berbeda secara berurutan. Dalam dua baris rail fence pesan INFORMATIKA menjadi:
I   F   R   A   I    A
                    N  O   M   T   K
Yang dibaca : IFRAIANOMTK.



Semua Ada Di Sini

2 komentar:

  1. Ini saya ada tulisan sedikit tentang vigenere cipher di http://sun-coolin.blogspot.com/2012/07/algoritma-kriptografi-klasik-vigenere-cipher.html

    ReplyDelete
  2. eSignature
    I am aware of the names of symmetric algorithms but with the help of this article I came to know how they actually work. You do posses a great knowledge about security techniques and I love the way you explain all the terms in such a simple way.

    ReplyDelete