Sunday, December 18, 2011

Tim dan Ciri - Ciri Proyek

Udah jarang update blog ini ... maklum saja ada tuntutan lain.. hehe

Mau posting soal apa ya.. bingung.. hehe masih mengenai manajemen proyek. kali ini saya akan posting tentang apa itu tim proyek dan apa ciri-ciri sebuah proyek... 
Semoga bermanfaat....
Tim adalah kelompok individu yang harus mendukung usaha bersama, sesuai dengan ketrampilan dan kemampuan yang spesifik setiap anggota untuk mencapai hasil. Tim yang efektif akan menghasilkan hasil yang baik dan mencapai / meyelesaikan hal-hal yang sulit. Anggota merasakan tanggung jawab terhadap hasil kelompok dan bertindak untuk menghilangkan kesukaran / kesulitan.
Proyek adalah Usaha dalam waktu yang terbatas untuk mencapai tujuan /hasil tertentu (produk/jasa), atau aktifitas-aktifitas unik, kompleks, dan terkoneksi yang memiliki satu tujuan atau sasaran dan harus dilengkapi dengan waktu yang spesifik, sesuai dengan anggaran, waktu dan spesifikasi.

Tim Proyek adalah Semua pihak atau peserta yang berkepentingan & terlibat dalam penyelenggaraan & hasil proyek atau Sering disebut sebagai stake holderi.

Ciri-ciri proyek

 

-          Bertujuan menghasilkan lingkup (scope) tertentu berupa produk akhir atau hasil kerja akhir.
-          Dalam proses mewujudkan lingkup diatas, ditentukan jumlah biaya, jadwal, serta kriteria mutu.
-          Bersifat sementara dalam arti umurnya dibatasi oleh selesainya tugas. Titik awal dan akhir ditentukan dengan jelas.
-          non rutin, tidak berulang-ulang. Macam dan intensitas kegiatan berubah sepanjang proyek berlangsung.
Hal-hal yang menyebabkan timbulnya suatu proyek :
-          Rencana Pemerintah
-          Permintaan Pasar
-          Dari dalam Perusahan yang bersangkutan
Dari kegiatan Penelitian dan Pengembangan


0 komentar

Post a Comment