Friday, November 4, 2011

TAHAPAN METODE REKAYASA SISTEM JARINGAN KOMPUTER


Masih akan share tentang jarkom kali ini.. :D Lanjutan dari postingan sebelumnya tentang Penjelasan Rekayasa Sistem Jaringan Komputer . kali ini tentang Tahapan metode rekayasa Jaringan komputer itu sendiri.. Semoga bermanfaat.. :D

Konsep sistemik, sistematik, dan strategis menjadikan RSJK tidak tepat bila menggunakan piecemeal methods atau pun top down / bottom up methods yang tidak berorientasi sistem dan tidak strategis dalam menghadapi perkembangan dan persaingan. Hingga tahap perancangan, rekayasa harus bersifat holistik, sedangkan tahap pembangunan dst. Dapat dilakukan secara bertahap. Jaringan komputer merupakan suatu sistem, dengan demikian metode rekayasanya menggunakan pendekatan sistem. Pendekatan sistem tidak berpijak pada pengumpulan data (induktif), namun bertitik tolak pada tujuan yang hendak dicapai. Data yang dikumpulkan dipergunakan sebagai penunjang seluruh proses sejak awal hingga diperolehnya spesifikasi sistem. Tahapan rekayasa meliputi perencanaan, analisis, perancangan, pembangunan, penerapan, evaluasi, pemeliharaan, dan pengembangan jaringan komputer.

  1. Perencanaan
Tahap awal ini berkaitan dengan visi, misi, tujuan, dan kebijakan organisasi sehingga muncul rencana RSJK. Terdapat beberapa orientasi.
  • Organisasi: berkaitan dengan citra organisasi, etos kerja, kinerja, dan kontrol organisasi.
  • Ekonomis : berkaitan dengan efisiensi, produktivitas, dan penghematan.
  • Teknis : berkaitan dengan keamanan data, integritas, kinerja, kemudahan, dan fleksibilitas.
Hasil dari tahapan ini adalah Term of Reference (TOR) yang bersifat sistemik, sistematik, dan strategik yang menjadi acuan kerja selanjutnya.
  1. Analisis
Tahapan ini merupakan langkah pemahaman sistem yang ada, identifikasi masalah, identifikasi kebutuhan, dan analisis yang berkaitan dengan pergerakan data dan informasi melalui survey dan studi kelayakan.
·         Studi Literatur.
Pengumpulan data dengan cara mengumpulkan literatur, jurnal, paper dan bacaan-bacaan yang ada kaitannya dengan perekayasaan sistem jaringan komputer metode lainnya.
·         Site Survey
Kegiatan dalam Site Survey mencakup observasi dan wawancara secara langsung ke lokasi dimana kita akan melaksanakan perancangan jaringan komputer. Hal ini bertujuan untuk memperoleh data yang paling akurat tentang kondisi yang ada saat ini. Dalam proses Site Survey, dilakukan pendokumentasian hal-hal penting yang berkaitan dengan proses analisa sistem, seperti: jumlah pengguna,  aplikasi yang dibutuhkan nantinya,  pengguna dan peralatan yang dibagi pakai, kebutuhan bandwidth, tingkat keamanan jaringan, seberapa penting jaringan dibutuhkan, koneksi wireless.
Dalam  Site   Survey  ini   juga   akan   didokumentasikan pula  tentang   topologi jaringan yang sudah ada di tempat yang menjadi objek kita tersebut, baik   topologi   fisik   maupun   logis.   Informasi   yang   perlu   dicatat   dalam pendokumentasian topologi fisik yaitu:
1.    Lokasi fisik dari peralatan seperti router, switch, dan host;
2.    Bagaimana peralatan tersebut saling terkoneksi
3.    Jalur dan panjang kabel / media transmisi lainnya;
4.    Konfigurasi hardware seperti host dan server.
Informasi yang perlu dicatat dalam pendokumentasian topologi logis yaitu :
1.      Letak dan ukuran dari broadcast dan collision domain;
2.      Skema untuk IP (Internet Protocol) addressing;
3.      Skema penamaan;
4.      Konfigurasi sharing;
5.      Permission (Hak akses).

  • Pemahaman sistem (existing system):
o   Karakteristik data : volume (char, record, page, file, frame) , jenis (teks, grafis, audio, video). Misal data mahasiswa sejumlah 10.000 orang, jenis teks, ukuran record 1 kB. Vol total = 10.000 * 1 = 10.000 kB. Data grafis SVGA 1024 * 1024 pixel @ 24 bit. Vol total = 25.165.824 bit per frame.
o   Mekanisme : transaksi, traffic, jalur kritis, puncak traffic. Misal transaksi perhari melayani 500 mahasiswa masing-masing 50 jenis dokumen / file @ 1 kB. Vol transaksi = 500 * 50 * 1 kB = 25.000 kB/hr = 204.800.000 bit/hr. Traffic dari bag pendaftaran, progdi, dan BAK misalnya sama. Jalur kritis terjadi pada jalur BAK ke pusat pengolah data. Puncak traffic terjadi pada pukul 09.00 –11.00. Vol transaksi = 204.800.000 bit * 3 bag/2 jam = 85.300 bps.
ü  perangkat pengolah data : spesifikasi, letak, jumlah, jalur komunikasi.
ü  tataruang / bangunan. : denah, jarak, kondisi.
  • Identifikasi masalah : kinerja, efisiensi, produktivitas, distribusi, fleksibilitas, integritas, keamanan, dsb.
  • Identifikasi Kebutuhan : kinerja, efisiensi, produktivitas, distribusi, fleksibilitas, integritas, keamanan, dsb. Misal yang berkaitan dengan kinerja (transfer rate, laju data atau baud rate) dari contoh sblmnya sistem jaringan komputer diharapkan mampu memberikan pelayanan ke 1000 mahasiswa / hr, maka dibutuhkan transfer rate = 85.300 bps * 2 = 170.600 bps = 166,6 kbps. Tayangan video 40 frame/s. Vol transaksi = 40 * 25.165.824 bit = 1006632960 bit/s = 960 Mbps.
Dengan populernya multimedia, maka jenis data baik yang berasal dari basis data maupun perangkat aplikasi jaringan banyak bersifat grafis / voice.
  • Analisis
o    Analisis kelemahan sistem
o    Analisis distribusi tugas dan tanggung jawab
o    Analisis pengukuran pekerjaan
o    Analisis keandalan
o    Analisis dokumen
o    Analisis laporan
o    Analisis teknologi
o    Analisis kebutuhan
  1. Perancangan / Selection  and Design
yaitu  memilah dan memilih perangkat yang akan digunakan untuk  rekayasa sistem setelah dilakukan analisa.  Dalam  tahap   ini   juga   dilakukan pendesainan   sistem jaringan dengan membuat prototype. Langkah-langkah yang dijalankan diantaranya :
    • Pemilihan perangkat  – perangkat  yang akan digunakan dalam jaringan tersebut;
    • Pembuatan desain jaringan yang lebih mutakhir meliputi topologi fisik dan topologi logis;
    • Mengidentifikasi kelemahan desain sejak dini;
Pembuatan   dan   pengujian  prototype, menggunakan Packet Tracert untuk pembuatan prototype  topologi fisik dan topologi logis, menggunakan Virtual Box untuk pembuatan prototype file server
Hal-hal yang berkaitan dengan tahap perancangan adalah : Karakteristik dan mekanisme pergerakan data / informasi. Contoh :



Semua Ada Di Sini

4 komentar:

  1. wah kalo beginian saya selalu bingung mas.

    oh ia salam kenal ya? terimakasih sudah singgah di blogsaya.

    oh ia saya follow ya sob blognya.
    saya tunggu ya follow baliknya :)

    ReplyDelete
  2. pengen belajar jaringan gan,tapi g bisa2 ea,,,hehehheh
    kunjungan balik di tunggu gan>>>/makasih
    http://rockmanticks.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. makasiii bangeeettt nihh gann....TOP lahhh

    ReplyDelete
  4. alasan kenapa harus memakai metode ini?? kelebihan dan kekurangannya bisa dijelaskan gan makasih

    ReplyDelete