Saturday, November 26, 2011

Kelebihan dan Kelemahan Metode AHP

Pada kesempatan kali ini.. di malam 1 suro.. hawanya ug aneh ea.. hehe tapi gpp yang penting tetep nge-BLog..

Kali ini masih membahas tentang salah satu metode dalam sistem pengambilan keputusan, yaitu AHP.. yang kali ini akan di bahas mengenai kelebihan dan kelemahannya.
langsung saja .. semoga bermanfaat..





Kelebihan

1.      Struktur yang berhierarki sebagai konskwensi dari kriteria yang dipilih sampai pada sub-sub kriteria yang paling dalam.

2.      Memperhitungkan validitas sampai batas toleransi inkonsentrasi sebagai kriteria dan alternatif yang dipilih oleh para pengambil keputusan.

3.      Memperhitungkan daya tahan atau ketahanan output analisis sensitivitas pengambilan keputusan.
Metode “pairwise comparison” AHP mempunyai kemampuan untuk memecahkan masalah yang diteliti multi obyek dan multi kriteria yang berdasar pada perbandingan preferensi dari tiap elemen dalam hierarki. Jadi model ini merupakan model yang komperehensif. Pembuat keputusan menetukan pilihan atas pasangan perbandingan yang sederhana, membengun semua prioritas untuk urutan alternatif. “ Pairwaise comparison” AHP mwenggunakan data yang ada bersifat kualitatif berdasarkan pada persepsi, pengalaman, intuisi sehigga dirasakan dan diamati, namun kelengkapan data numerik tidak menunjang untuk memodelkan secara kuantitatif.

Kelemahan

1.       Ketergantungan model AHP pada input utamanya.
Input utama ini berupa persepsi seorang ahli sehingga dalam hal ini melibatkan subyektifitas sang ahli selain itu juga model menjadi tidak berarti jika ahli tersebut memberikan penilaian yang keliru.
2.       Metode AHP ini hanya metode matematis tanpa ada pengujian secara statistik
sehingga tidak ada batas kepercayaan dari kebenaran model yang terbentuk


Semua Ada Di Sini

1 komentar:

  1. Blog walking, maaf mengganggu admin, hanya mau numpang iklan. Bagi yang mau code-code aplikasi skripsi Teknik Informatika, monggo... kunjungi http://code-skripsi.blogspot.com/ tersedia berbagai macam aplikasi bermetode mulai dari Forward Chaining, Backward Chaining, Certainty Factor, Profile Matching, SMART, Fuzzy, Naive Bayes, Bayes, SAW, AHP dan masih banyak lagi. Murah, khusus mahasiswa!

    ReplyDelete