Friday, September 23, 2011

Bilangan Prima

Mendengar kata bilangan prima, hampir semua orang tahu... Soalnya ini termasuk teoi dalam matematika yang diberikan pada saat kita menginjak bangku sekolah dasar.. Bilangan prima termasuk dalam beberapa teori dalam matematika diskrit..Siapa yang tidak tahu bilangan prima itu apa???
Di tunggu komentnya ea...:D

Bilangan bulat positif yang mempunya aplikasi penting dalam ilmu komputer dan matematika diskrit adalah bilangan prima. Bilangan prima adalah bilangan bulat positif yang lebih besar dari 1 yang hanya habis dibagi 1 dan dirinya sendiri. Secara formal definisi dari bilangan prima adalah sebagai berikut.

Bilangan bulat positif p (p > 1) disebut
bilangan prima jika bilangan yang habis
membaginya hanya 1 dan p.

Sebagai contoh adalah bilangan 13. Bilangan 13 hanya habis dibagi 1 dan 13. Maka 13 adalah bilangan prima. Bilangan selain prima adalah bilangan komposit. Misalnya 12 adalah bilangan yang dapat habis dibagi 1,2,4,6,12. Teorema penting menyangkut bilangan prima dinyatakan oleh teorema yang terkenal dalam teori bilangan yaitu teorema fundamental aritmatik, yang berisi sebagai berikut Setiap bilangan bulat positif yang lebih besar atau sama dengan 2 dapat dinyatakan sebagai perkalian satu atau lebih baik bilangan prima maupun bilangan komposit, keduanya dapat dinyatakan sebagai perkalian satu atau lebih faktor prima. Misalnya, 9 = 3 × 3 (2 buah faktor prima) 100 = 2×2×5×5 (4 buah faktor prima) 13 = 13 (1 buah faktor prima) 12 = 2×2×3 (3 buah faktor prima).
Setelah ini kita akan menginjak materi tentang kriptografi.

Semua Ada Di Sini

2 komentar:

  1. pertamax komeng gan, wah belajar matematik sungguh menyenangkan, ane tunggu postingan berikutnya

    ReplyDelete
  2. Makasih udah komen.. :D
    Wah Kalo Pak Dokter matematika si kecil.. hehe

    :D

    ReplyDelete