TEMPLATE ERROR: LHS of numeric is null before 6 in semua ada di sini"

Fase - Fase Implementasi TQM

>> Saturday, October 22, 2011

hoooam.. udah malem gini.. rasane pengen tidur.. tapi posting dulu ah.. hehe Kali ini mengenai Fase - Fase Implementasi TQm, Semoga bermanfaat .. :D


Menurut Cortado (1993:179-182), ada lima tahap transformasi yang dilalui suatu perusahaan, yaitu tahap kesadaran awal, implementasi sebagian, aktivitas estensif, hasil-hasil nyata dan terbaik dalam industri dengan karakteristik setiap tahap.

Menurut George dan Weimerskirch (1994:259-269), ada enam fase utama dalam implementasi TQM, yaitu sbb:
1.        Komitmen manajemen puncak terhadap perubahan
2.        Penilaian system perusahaan secara internal dan eksternal
3.        Pelembagaan focus pada pelanggan
4.        Pelembagaan TQM dalam perencanaan strategic, keterlibatan karyawan, manajemen proses, dan system pengukuran
5.        Penyesuaian dan perluasan tujuan manajemen guna memenuhi dan melampaui harapan pelanggan
6.        Perbaikan atau penyempurnaan system

Sementara itu, Goetsch dan Davis (1997:584-589) memberikan klasifikasi fase implementasi yang lebih rinci dan sistematis. Fase implementasi TQM dikelompokkan menjadi tiga fase yaitu :
1.  Fase Persiapan
Langkah A: Membentuk Total Quality Steering Committee
Langkah B: Membentuk Tim
     Langkah C: Pelatihan TQM
     Langkah D: Menyusun Pernyataan Visi dan Prinsip sebagai Pedoman
Langkah E: Menyusun tujuan umum
Langkah F: Komunikasi dan Publikasi
Langkah G: Identifikasi Kekuatan dan Kelemahan
Langkah H: Identifikasi Pendukung dan Penolak
Langkah I: Memperkirakan Sikap Karyawan
     Langkah J: Mengukur Kepuasan Pelanggan
2.    Fase Perencanaan
Langkah K: Merencanakan pendekatan Impelementasi, kemudian menggunakan siklus PDCA (Plan, Do, Check and Adjust)
            Langkah L: Identifikasi Proyek
            Langkah M: komposisi Tim
            Langkah N: Pelatihan Tim
3.    Fase Pelaksanaan
Langkah P: Penggiatan Tim
      Langkah Q: Umpan Balik kepada Steering Committee
Langkah R: Umpan Balik dari Pelanggan
Langkah S: Umpan Balik dari karyawan
Langkah T: Memodifikasi Infrastruktur
Keberhasilan implementasi TQM sangat dipengaruhi oleh fasilitas pendukungnya yaitu infrastruktur organisasi. Infrastruktur organisasi tersebut meliputi berikut ini:
  •   Hubungan jangka panjang dengan pelanggan
  •  Dukungan manajemen puncak
  • Manajemen tenaga kerja
  • Hubungan jangka panjang dengan pemasok.
  • Sikap kerja pekerja

Semua Ada Di Sini

0 comments:

Post a Comment

About This Blog

semua isi yang ada di blog ini,movie donwload pada blok ini hanya untuk kebutuhan mendukung dunia karya seni, film dan musik kususnya. Ini merupakan hak cipta/hak milik pengarang,artis,dan label film yang bersangkutan,kami mendukung untuk publik belilah dvd/kaset yang asli / original di toko-toko/gerai asli terdekat, Jangan membeli dvd atau kaset bajakan.

  © Blogger template Webnolia by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP