Postingan kali ini akan membahas tentang Pengenalan Algoritma, Bagi anak-anak SI maupun TI hukumnya wajib untuk mengenal algoritma.. karena algoritma adalah dasar dalam pembuatan suatu program yang akan dibuat. langsung saja cek di SEMUA ADA DI SINI
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia terbitanBalai Pustaka tahun 1988, pengertian algoritma adalah sebagai berikut :
Algoritma merupakan urutan langkah-langkah logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Jadi setiap langkah yang hendak diambil untuk memecahkan suatu masalah harus logis, yang berarti kebenaran langkah-langkah tersebut harus dapat ditentukan nilainya, apakah benar atau salah? Dengan melihat hasilnya. Sebab langkah-langkah yang tidak benar dapat memberikan hasil yang salah.
Menurut Donald E. Knuth dalam bukunya yang berjdul The Art of Computer Programming terbitan Addison Wesley tahun 1973, algoritma harus memiliki lima ciri penting yaitu :
- Algoritma harus berhenti setelah melakukan sejumlah langkah terbatas.
- Setiap langkah harus didefinisikan dengan jelas dan tidak bermakna ganda.
- Algoritma harus memiliki masukkan (input).
- Algoritma memiliki keluaran (output).
- Algoritma harus efektif, artinya setiap langlah harus sederhana sehingga dapat dikerjakan dalam waktu yang masuk akal.
Posisi Algoritma Dalam Pemrograman
Dalam pemrograman komputer ada beberapa langkah yang perlu ditempuh. Urutan dari langkah-langkah ini tidak bersifat mutlak, artinya tidak harus dari langkah pertama, kedua, ketiga, dst. Bisa jadi anda membaca suatu buku yang menyajikan langkah-langkah yang kelihatan berbeda tetapi pada intinya sama. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pemrograman komputer :
1) Mendefinisikan masalah
2) Menentukan solusi
3) Memilih algoritma
4) Menulis program
5) Menguji program
6) Meulis dokumentasi
7) Merawat program
Flowchart Program
Merupakan flowchart khusus yang banyak digunakan dalam pemrograman computer.
Suatu program computer pada umumnya terdiri dari tiga hal yaitu :
- Pembacaan / pemasukan data (input)
- Melakukan komputasi / perhitungan yang diinginkan (proses)
- Mencetak hasil (output)
Flowchart program secara umum dibagi secara umum dibagi menjadi 3 struktur, yaitu :
a. Stuktur urut
Flowchart mengerjakan langkah-langkah perintah urut dari atas ke bawah
b. Struktur percabangan
Flowchart akan mengerjakan suatu kelompok perintah setelah melakukan pengujian terlebih dahulu terhadap suatu kondisi tertentu untuk mengetahui apakah kelompok langkah tersebut boleh dikerjakan atau tidak.
c. Struktur perulangan
Flowchart akan mengerjakan suatu kelompok perintah secara berulang-ulang selama kondisi yang diinginkan masih terpenuhi
0 komentar
Post a Comment